International Mountain Day

Kemaren tanggal 10 – 11 Desember 2011, saya dan beberapa teman mendaki gunung Pulosari di wilayah Serang Provinsi banten. Tidak sengaja tanpa bermaksud untuk merayakan Hari Gunung Internasional (lupa soalnya) baru setelah turun ingat ternyata hari itu tanggal 11 Desember adalah Hari Gunung Internasional, lumayan meskipun ingatnya belakangan hari itu adalah hari gunung namun setidaknya saat itu saya tengah berada di gunung juga 🙂 Apa itu Hari Gunung Internasional? berikut saya share.

310683_10150325884703962_610378961_8092431_954274452_n

Semenjak awal permulaan dari berdirinya PBB, badan ini telah menetapkan serangkaian hari peringatan (sebagaimana halnya dengan minggu, tahun dan dekade) untuk membantu memfokuskan dunia pada isu-isu dimana PBB memiliki minat dan komitmen. Badan dunia PBB ini menyerukan kepada negara anggota dan organisasi lainnya untuk menandai hari ini sebagai cerminan dari prioritas mereka.

International Mountain Day atau Hari Gunung Internasional adalah sebuah kesempatan untuk menciptakan kesadaran tentang pentingnya gunung bagi kehidupan, untuk meyoroti peluang dan kendala dalam pengembangan gunung dan untuk membangun kemitraan yang akan membawa perubahan positif pada pegunungan dunia dan dataran tingginya.

Majelis Umum PBB telah menetapkan tanggal 11 Desember, dari tahun 2003 dan seterusnya, sebagai “Hari Gunung International”. Keputusan ini hasil dari keberhasilan Tahun Pegunungan Internasional PBB pada tahun 2002, yang meningkatkan kesadaran global tentang pentingnya pegunungan, merangsang pembentukan komite nasional di 78 negara dan diperkuat aliansi dengan meningkatkan penciptaan Kemitraan Internasional untuk Pembangunan Berkelanjutan di Kawasan pegunungan, yang dikenal sebagai ‘gunung Kemitraan atau Mountain Partnership (WSSD, Johannesburg, 2 September 2002). FAO adalah lembaga utama yang ditunjuk untuk mengkoordinasikan Tahun Pegunungan Internasional dan diberi mandat untuk memimpin observasi dari Hari Gunung Internasional.

img_0229

Tahun ini tema Hari Gunung Internasional akan terfokus pada Pegunungan dan Hutan (Mountain and Forest). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang relevansi hutan pegunungan dan peran mereka bermain dalam Ekonomi Hijau serta dalam langkah-langkah adaptasi perubahan iklim.

Hutan pegunungan yang sehat sangat penting bagi kesehatan ekologi dunia. Mereka melindungi daerah aliran sungai yang memasok air tawar ke lebih dari setengah penduduk dunia. Mereka juga adalah rumah satwa liar yang tak terhitung, menyediakan makanan dan pakan ternak untuk orang-orang gunung dan merupakan sumber penting dari produk kayu dan non-kayu. Namun di banyak bagian dunia hutan pegunungan berada di bawah ancaman yang belum pernah sebelumnya dan deforestasi di hutan pegunungan tropis berlanjut pada tingkat yang luar biasa. Melindungi hutan dan memastikan mereka hati-hati dikelola merupakan langkah penting menuju pembangunan gunung yang berkelanjutan.

208165_10150156900358962_610378961_6700798_8099571_n

Dengan menghubungkan Hari Gunung Internasional tahun ini dengan Tahun Internasional Hutan 2011, kita bisa mendapatkan keuntungan dari perhatian internasional yang ada dan fokus pada tema serta kegiatan kembaran komunikasi tertentu dan produk untuk lebih menghasilkan latihan yang lebih efektif meningkatkan awarness kita.

 

Sumber: Situs FAO.