Tips menyimpan dan memelihara 3 peralatan utama pendakian

Membicarakan tentang kegiatan pendakian dan penggunaan berbagai peralatannya sangat menyenangkan bagi yang menyukai kegiatan ini, namun dikarenakan perubahan musim atau karena masih hari senin dan weekend masih lama  menyebabkan kita harus menyimpan peralatan tersebut dari selang satu perjalanan ke perjalananan lainnya. Cara anda menyimpan peralatan dan cara anda memperlakukannya setelah digunakan akan berdampak besar pada umur ketahanan perlengkapan anda. Berikut ini beberapa tips cara penyimpanan untuk tiga macam peralatan utama hiking anda.

Sepatu Hiking
Kaki akan sangat terasa nyaman sekali saat dilepaskan dari sepatu boot hiking di akhir perjalanan. Untuk memastikan sepasang sepatu boot hiking anda bisa bertahan lebih lama umurnya, luangkan waktu anda paling tidak 10 menit untuk merawat sepatu tersebut disetiap akhir perjalanan pendakian anda. Bersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel, bisa dengan menggunakan sikat sepatu atau sikat gigi. Bersihkan dengan air hangat dan sabun yang tidak terlalu tinggi kadar deterjennya (shampo bayi bagus digunakan) karena sabun yang memiliki kadar deterjen yang tinggi bisa merusak lapisan waterproof sepatu hiking boot anda. Hindari mengeringkannya didepan api unggun atau dibawah terik matahari langsung, biarkan kering secara alami atau keringkan dengan kipas angin. Hal ini akan menjaga sepatu anda dari kondisi yang terlalu kering serta rapuh dan membuat rusak lapisan waterproff nya. Isap kelembaban yang tersisa didalam sepatu dengan gumpalan kertas koran yang dimasukan kedalam rongga sepatu. Rekondisi water proofing sepatu boots anda dengan semprotan water proof spray untuk sepatu (jika ada) secara berkala setiap tahunnya. Jika sepatu boots anda saat sampai dirumah setelah perjalanan sedikit berbau, masukan beberapa kantong herbal tea untuk menghilangkan baunya. Simpan sepatu anda ditempat yang kering jangan menyimpannya di gudang atau di garasi yang akan membuatnya jadi rumah bagi serangga-serangga.

Tenda
Untuk memastikan tenda anda bisa tahan lama dan dan tetap nyaman digunakan, dimulai dari saat perkemahan. Hindari mendirikan tenda anda di lokasi yang banyak akar-akar tajam dan kerikil serta batu-batu runcing bahkan sekalipun anda menggunakan foot print tenda. Carilah sedapat mungkin permukaan yang bersih dari semua itu sebisa mungkin bersihkan permukaan lokasi tempat anda akan mendirikan tenda dari hal-hal tersebut diatas. Ini bukan saja akan membuat tidur anda nyaman juga akan menghindarkan lantai tenda anda rusak atau robek secara tidak sengaja. Pastikan selalu membersihkan bagian dalam tenda anda sebelum mempackingnya saat meninggalkan lokasi camp anda.

Ketika anda sampai dirumah, buka packingan tenda anda dan pastikan semua bagian tenda anda kering sebelum disimpan lama untuk perjalanan selanjutnya. Mengeringkan tenda paling cepat adalah dengan cara mendirikannya ditempat yang kering dan bersih (bisa diruang yang kosong atau diteras di rumah anda). Menyimpan tenda dalam keadaan basah atau lembab akan segera merusak tenda anda terutama pada bagian water proofingnya. Kerusakan awal ditandai dengan bau yang mengerikan pada tenda (mirip bau pup). Setelah tenda kering simpanlah ditempat yang kering jangan simpan di tempat yang lembab, dan sebisa mungkin jangan simpan dalam packing stuff nya sebaiknya simpan dalam wadah container plastik dan dalam keadaan terlipat besar seperti menyimpan selimut. Jika tenda akan disimpan dalam waktu yang lama, taburkan bedak powder pada bagian dalam yang mengandung lapisan water proof, ini beguna mengisap lembab dari udara yang tersekap didalam bagian tersebut.

Sleeping Bag
Hal yang pertama dilakukan untuk sleeping bag saat sampai dirumah setelah perjalanan pendakian anda adalah membuka packingannya dan menggantungkannya ditempat yang sirkulasi udaranya lancar, buka resletingnya. Sekalipun misalnya sleeping bag anda tidak basah atau lembab (saya berharap sleeping bag anda tidak basah). Perlu udara segar untuk menghilangkan bau dan kelembaban pada sleeping bag setelah dipakai. Jika anda memiliki ruang di rumah anda simpanlah sleeping bag anda dengan cara menggantungnya setiap kali habis digunakan. Jika tidak memiliki ruang penyimpanan yang luas, simpanlah sleeping bag dalam kantung yang besar, jangan menyimpan sleeping bag dalam keadaan terkompresi di kantung packinganya yang kecil tersebut. Terlebih jika sleeping bag anda dari bahan down jangan simpan dalam keadaan terkompres karena akan mengurangi daya isolasinya, sleeping bag syntetis juga demikian.

Jika sleeping bag anda basah, pengeringan alami dari udara adalah cara yang terbaik dan teraman untuk menyingkirkan jamur atau kelembaban yang mengakibatkan tumbuhnya jamur. Namun hal tersebut memang membutuhkan waktu untuk terjadi, Jika waktu penggunaan terlalu pendek untuk setiap rentang perjalanan, dan tidak cukup waktu untuk mengeringkannya dengan proses peng-anginan. Keringkan dengan menggunakan pengering cucian tapi gunakan dry cycle yang paling rendah, dan secara berkala pause dry cycle nya dan benarkan posisi sleeping bag agar tidak terlipat atau terbelit, hal ini juga mencegah resleting atau bagian yang mengandung logam pada sleeping bag untuk tidak menjadi panas. Selain itu pemeliharaan selama perjalanan juga bisa dilakukan yaitu pada saat di lokasi camp pada pagi hari matahari masih belum begitu panas, jemurlah sleeping bag anda di tempat yang kering.

Jadi nanti setelah anda sampai dirumah setelah mandi dan makan, luangkanlah waktu anda untuk membersihkan peralatan anda. Pastinya anda akan berterima kasih pada diri sendiri saat anda akan menggunakannya di perjalanan pendakian berikutnya. Baik-baiklah pada peralatan anda, maka peralatan anda akan selalu baik pada anda (kondisinya).