12 Hal Lain Kegunaan Baking Soda

Saya tidak tahu berapa banyak orang yang menggunakan baking soda untuk tujuan lain selain memasak. Namun jika sampai tidak tahu ini sangat sayang sekali, karena baking soda memiliki manfaat yang lebih banyak dalam situasi darurat daripada yang Anda kira. Bahkan kenyataannya, manfaatnya sagat serbaguna.

Berikut adalah 12 kegunaan lainnya yang harus diketahui dan berguna dalam survival list anda:

Antacid
Baking soda membantu mengatur pH, ini adalah adalah antacid alami. Gunakan saat anda berhadapan dengan mulas, gangguan pencernaan atau sakit perut – hal-hal ini dapat terjadi saat anda berada dalam situasi survival yang sangat membuat anda stress.

Perhatian: Ini mungkinakan berinteraksi dengan obat resep tertentu! Selain itu, sebelum menelannya, pastikan baking soda benar-benar larut dalam air.

Untuk pilek dan flu
Penggunaan medis lain bagi baking soda adalah untuk menyembuhkan gejala flu. Campuran baking soda dan air dingin menanggulangi sakit kepala ringan dan memiliki daya penyembuh yang ampuh melawan flu.

Kulit gatal dan pengobatan gigitan serangga
Campuran air baking soda sangat bagus untuk lecet dan kulit gatal atau gigitan serangga. Ini mengurangi rasa sakit dan memiliki efek menenangkan.

Obat Sunburn
Semprot baking soda dengan air secara langsung pada bagian merah kebakar matahari untuk mendinginkan kulit yang terbakar tersebut dan menghilangkan rasa sengatannya.

Terapi kaki Anda
Setelah berjalan berkilo-kilo, kaki Anda akan berterima kasih jika Anda rendam dalam air hangat dengan baking soda untuk efek terapi yang menenangkan.

Minuman mengatasi rehidrasi
Campur baking soda dengan air, garam dan sedikit gula dan Anda sudah punya minuman yang efisien untuk dehidrasi (dehidrasi menyebabkan kantuk, stres, kelemahan otot).
Ingat: stres, situasi yang melelahkan, minuman hidrasi yang baik sangat penting untuk kelangsungan hidup!

Pasta gigi buatan sendiri yang Alami
Pasta gigi yang komersial, hal yang satu ini dapat anda hapus dari tas toiletris Anda. Buatlah pasta gigi Anda sendiri tanpa semua zat buatan.
di situs DIYnatural.com ada resep untuk pasta gigi dari baking soda yang minty, dan mengandung bahan-bahan sederhana seperti garam laut, ekstrak peppermint atau peppermint esensial oil dan air yang disaring. Silahkan cari tahu lebih lanjut tentang bagaimana membuat pasta gigi ini di situs web mereka.

Penghilang Bau
Menghilangkan bau tubuh Anda dengan sedikit baking soda dengan jalan menepuk-nepukan pada ketiak Anda. Penghilang bau yang mengagumkan dan murah (Jika anda kehabisan deodorant atau sudah ngga punya lagi tempat penyimpanan dalam case toiletry anda menggunakan baking soda bisa menjadi solusi yang murah)

Mematikan api
Mengetahui bagaimana untuk menyalakan api sangat penting untuk setiap para survivor. Hal tersebut adalah keterampilan survival yang penting, tapi juga begitu dengan keterampilan memadamkan api dengan cepat bila diperlukan.
Anda tidak perlu pelatihan khusus untuk memadamkan api, hanyadengan menaburkan beberapa baking soda di dasar api, maka bisa berfungsi sebagai pemadam api, sangat sederhana. Cara ini akan sangat berguna ketika Anda perlu untuk membersihkan daerah tersebut secara cepat dan pindah ke tempat yang lebih aman.

Pembasmi jamur dan ragi.
Mengobati infeksi jamur dan ragi dengan baking sodadengan cara menebarkan atau meratakannya langsung pada daerah yang terkena jamur dan ragi. Tips ini sangat bermanfaat, karena infeksi jamur pada kulit umum terjadi ketika Anda berada dalam situasi survival, stres dan kelelahan. Hal ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh gagal, dan saat seperti itulah akan terinfeksi jamur dan ragi.

Membersihkan buah-buahan dan sayuran Bersih
Anda mungkin menemukan buah-buahan segar dan sayuran di sepanjang perjalanan, tetapi jangan langsung mengkonsumsinya, cucilah terlebih dahulu sebelum dimakan, bersihkan dengan air dan baking soda untuk membuang kotoran dan residu.

Higienis mengobati semua
Sebuah keharusan dalam setiap situasi bencana. Anda dapat membersihkan tangan Anda (Anda dapat membuat sendiri sabun tangan cair lembut dengan baking soda), mencucui piring dan panci, membersihakn sikat dan sisir (untuk menghilangkan rambut dan minyak alami yang tertinggal), atau membersihkan dan menyegarkan peralatan. Sebut saja, Baking soda adalah obat pembersih untuk semua itu!

Gunakan sepenuhnya manfaat dari baking soda. Ingat, agar anda siap menghadapi situasi survival adalah saat anda harus mampu menggunakan sumber-sumber dan mengunakan item yang sama untuk lebih banyak keperluan. Dan baking soda adalah benar-benar item yang paling banyak kegunaannya.