Tips Memilih Ransel Untuk Wanita.

Saat Anda merencanakan sebuah perjalanan hiking atau pendakian gunung yang akan bermalam di gunung, anda harusnya memiliki ransel yang memadai untuk itu, perjalanan pada akhir pekan ataupun perjalanan yang memakan waktu beberapa hari di gunung akan membutuhkan sebuah wadah yang bisa membawa perlengkapan anda, dan wadah tersebut adalah ransel. Oleh karena itu, memilih sebuah ransel yang nyaman dan tahan lama adalah sebuah investasi penting dalam kegiatan di alam bebas.

Apa ukuran Anda?
Ketika hendak membeli ransel, Anda perlu tahu ukuran Anda terlebih dahulu. Jika Anda belum tahu ukuran Anda, mintalah seorang teman untuk mengukur panjang torso Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan sangat mudah – yang Anda butuhkan adalah pita pengukur yang fleksibel (bisa menggunakan meteran pengukur tukang jahit) dan seorang teman untuk membantu Anda untuk melakukannya. Ukurlah mulai dari tulang kecil yang menonjol dari tulang belakang di bagian belakang leher Anda ke bagian atas pinggul Anda. Kebanyakan produsen ransel menggunakan pedoman ukuran berikut ini untuk kedua jenis kelamin (unisex):

Ekstra kecil (XS) : hingga 15,5 inci (39.37cm)
Kecil (S): 16-17,5 inci (40,64 – 44,45 cm)
Sedang (M): 18-19,5 inci (45.72 – 49.53 cm)
Besar (L): 20 inci keatas (50.8 cm keatas )

Lebih baik lagi, setelah Anda tahu merek yang Anda inginkan, periksalah sizing chart atau daftar ukuran ransel yang ditujukan untuk ransel perempuannya, carilah yang cocok dengan ukuran torso anda di halaman Web produsen tersebut.

Apakah ransel tersebut cukup besar ukurannya untuk perjalanan Anda?
Untuk perjalanan akhir pekan, ransel 40-50 Liter akan cukup, bahkan untuk akhir pekan yang panjang juga masih memadai. Namun, untuk perjalanan yang lebih panjang, atau untuk perjalanan pendakian di musim hujan yang mana Anda akan membutuhkan perlengkapan tambahan untuk menghadapi cuaca tersebut, pastikan ransel anda bisa menampungnya atau bisa diperbesar. Ada ransel yang bisa diperbesar atau memiliki ukuran yang variable, biasanya ransel dengan ukuran seperti ini bagian atas dari ransel yang menyatu pada tutup ransel bisa diperpanjang dan tutup ranselnya pun bisa di atur menyesuaikan tinggi rendahnya bagian atas ransel tersebut, dengan bisa diperbesarnya ukuran ransel, maka anda akan lebih leluasa menambahkan peralatan yang akan anda bawa.

woman_backpack1Apakah ransel tersebut tahan lama?
Ada banyak ransel “ultralight”, tapi pastikan bahwa Anda menyadari fitur yang Anda korbankan sebelum Anda memilih untuk membeli salah satu dari ini ransel ultralight ini. Diluar negeri hampir semua pendaki yang menganut aliran extrim ultralight membuat sendiri peralatan mereka untuk memastikan bahwa berat ranselnya benar-benar minimal sesuai dengan yang mereka inginkan. Namun, umumnya ransel-ransel tersebut jauh dari kata lebih nyaman jika dibandingkan dengan ransel pabrikan yang ditujukan untuk perjalanan yang lebih lama, kecuali jika Anda benar-benar bisa menjaga dan mengontrol isi dari ransel tersebut menjadi benar-benar ringan hingga mencapai tingkat yang paling ringan bobotnya. Carilah ransel yang terbuat dari bahan nilon yang kuat dari produsen yang terkemuka, biasanya produsen terkemuka memberikan jaminan seumur hidup yang sangat baik untuk pemakaian normal.

Apakah ransel tersebut memiliki fitur tambahan yang mudah digunakan?
Fitur tambahan tersebut seperti misalnya kantong pada sabuk pinggul, loop haul, dan tali kompresi. Tentu akan bagus sekali jika memiliki kantong pada sabuk pinggulnya sehingga bisa digunakan untuk menyimpan kamera, coklat atau makanan ringan lainnya yang mudah dijangkau saat berjalan. Loop Haul membuatnya lebih mudah untuk mengangkat ransel Anda, tanpa memberikan tekanan yang tidak perlu pada sabuk bahu. Tali kompresi yang ada di samping ransel membuat ransel lebih mudah untuk kompres (dikecilkan) pada bagian bawah isi ransel dan membuat ransel Anda lebih ramping, terutama jika ransel tersebut tidak penuh terisi pada perjalanan lebih pendek, atau barang-barang sudah berkurang saat perjalanan panjang. Juga pastikan ada fitur seperti tali sternum (tali dada), yang akan membantu menjaga posisi ransel Anda ketika sedang hiking.

Apakah ransel tersebut khusus untuk wanita?
Untungnya sekarang ada banyak ransel yang ditujukan khusus untuk wanita yang dipasarkan, di mana Anda akan melihat fitur seperti sabuk pinggang yang pas dipinggul wanita, tali bahu sempit, dan desain nya lebih ramping secara keseluruhan.

Ransel wanita versus ransel pria
Beberapa wanita lebih memilih ransel pria. Jika Anda berdada relatif datar maka tali sternum (tali dada) ransel pria mungkin tidak terlalu mengganggu Anda, tetapi jika Anda berdada cukup besar, maka ransel wanita yang bertali dada lebih tinggi akan membuat anda lebih nyaman. Jika Anda memilih menggunakan ransel pria, pastikan tali dada ransel tersebut bisa di atur posisinya turun naik sehingga posisinya bisa disesuaikan dengan dada anda. Dan jika Anda memiliki pinggul langsing dan lebih tinggi dari rata-rata, ransel pria mungkin akan benar-benar cocok untuk anda dibanding dari ransel versi wanita. Seorang wanita berpostur pendek mungkin akan lebih cocok memilih ransel khsusus wanita daripada ransel pria.

Demikian sedikit tips dalam memilih ransel untuk para pendaki wanita. Selamat menikmati pertualangan anda, pemilihan ransel yang cocok akan menjadi sahabat perjalanan anda, namun ransel yang salah pilih akan menjadi derita perjalanan anda.