Tips-tips Agar Selamat dari Sambaran Petir

Berkegiatan di alam bebas terlebih dipegunungan dan di daerah terbuka, resiko berhadapan dengan petir dan resiko terkena sambaran petir itu ada. Banyak juga yang salah memahami cara-cara agar terhindar dari sambaran petir tersebut. Berikut tips yang akan berguna bagi Anda jjika tanpa sengaja berada dalam situasi tersebut.

  1. Point A: Duduklah mendekam rendah seperti pemain baseball yang bertugas menangkap bola. Membungkuk serendah mungkin. Semakin dekat anda ke tanah, semakin kecil kemungkinan Anda akan tersambar petir. Tapi jangan pernah berbaring di tanah.
  2. Point B: Jika bagian ujung rambut anda mulai berdiri atau kulit anda mulai tergelitik, itu tanda-tanda petir akan menyambar, segera ambil posisi meringkuk. Namun perlu juga di ingat terkadang petir menyambar tanpa peringatan seperti ini.
  3. Point C: Tutup rapat kedua telingan dengan tangan anda untuk meminimalkan gangguan pada pendengaran anda, karena suara Guntur yang keras akan meledak sangat dekat dengan anda.
  4. Point D: Satu-satunya bagian tubuh anda yang menyentuh tanah haruslah bagian depan telapak kaki anda. Petir akan menyambar permukaan tanah terlebih dahulu, dan kemudian mengalir masuk ketubuh anda. Semakin Anda meminimlakan kontak dengan tanah semakin sedikit kesempatan listrik memasuki tubuh anda. Oleh karena itu posisi duduk jongkok dengan jinjit di ujung kaki dan tubuh lebih meringkuk rendah disarankan pada tips ini, dan berbaring di tanah sangat tidak disarankan.
  5. Point E: Satukan atau tempelkan kedua tumit anda saat posisi jongkok jinjit tersebut. Saat listrik dari sambaran petir di tanah masuk melalui kaki Anda, maka dengan menyatukan tumit anda ini akan meningkatkan kemungkinan listrik yang masuk disatu kaki dan keluar di kaki yang lain, tidak menjalar ke seluruh badan anda.
  6. Point F: Jangan memegang atau menyentuh apapun beda yang memungkinakan sebagai penghantar listrik (benda-benda yang terbuat dari logam besi, atau logam lainnya yang bisa menghantarkan listrik)

Sumber: Dari berbagai sumber.