Bibliography

Panduan Teknis Pendakian Gunung
buku1Edisi pertama.
Print & Publish: 2006
Penerbit: Andi Publisher Jogjakarta

Buku ini berisikan panduan teknis pendakian gunung yang dibutuhkan oleh seorang pendaki gunung, bagi seorang pemula buku ini sangat baik sekali karena mengulas banyak aspek ilmu dan teknis yang dibutuhkan dalam berkegiatan mendaki gunung. Didisain memang untuk pemula dan orang awam yang tidak mengenal kegiatan pendakian gunung, diuraikan secara jelas dengan didukung gambar-gambar yang akan memudahkan pembaca memahaminya. Buku ini juga sangat cocok bagi orang tua yang mempunyai putra dan putri yang suka naik gunung, karena dengan membaca buku ini pihak orang tua sedikit banyaknya bisa mengerti apa saja yang dibutuhkan seorang pendaki gunung dan teknis apa saja yang perlu dimiliki dia.

Dalam buku ini diuraikan secara jelas langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam persiapan dan pelaksanaan pendakian gunung. Mulai dari manajemen pendakian yaitu perencanaan dan pengorganisasian sebuah pendakian gunung, kemudian teknis survive di alam bebas, teknis navigasi, gawat darurat dan lainnya. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini adalah;
•Manajemen Perjalanan
Perencanaan dan pengelolaan sebuah kegiatan pendakian
•Navigasi Darat
Ilmu navigasi di hutan yang dibutuhkan jika tersasar dan menemukan jalur pendakian yang benar
•Survival
Ilmu bertahan hidup di hutan saat tersasar
•P3K Praktis
Ilmu medis praktis yang dibutuhkan sebagai pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan
•Mengenal SAR (Search And Rescue)
Pengenalan teknis kerja SAR Gunung dengan tujuan agar pendaki bisa membantu tim SAR menemukan mereka dengan mudah saat tersasar
•Leave No Trace
Prinsip-prinsip ramah lingkungan dalam berkegiatan di alam bebas, agar tidak merusak dan mencemari alam
•Simpul-Simpul Dasar
Simpul-simpul dasar yang dibutuhkan oleh seorang pendaki gunung yang berguna dalam keseharian mereka selama berkegiatan di alam bebas.

 

 

Panduan Teknis Pendakian Gunung
buku2Edisi kedua (Revisi)
Print & Publish: 2008
Penerbit: Andi Publisher Jogjakarta

Pada buku edisi revisi ini pokok-pokok bahasan pada buku edisi pertama tetap di pertahankan, akan tetapi diperbaiki layout dan mutu kertasnya dengan yang lebih baik. Pada edisi ini juga terdapat foto-foto berwarna yang mendukung setiap bab bahasannya. Selain itu juga ada penambahan dua Bab pokok bahasannya yaitu:
•Cuaca di Pegunungan
Mengenal awan dan cuca di gunung secara dasar, karena seorang pendaki gunung yang akrap dengan alam bebas hendaknya juga mengerti karakteristik cuaca di gunung.
•Perjalanan di Gunung
Bab ini berisi penjelasan teknis menghadapi medan yang sulit yang di jumpai selama di perjalanan pendakian

Selain bab-bab diatas pada buku edisi pertama dan edisi kedua (revisi) ini juga terdapat satu bab tambahan yang berisikan tips-tips dalam berkegiatan di alam bebas dalam hal ini pendakian gunung.

Komentar para petualang dan pendaki gunung untuk kedua buku ini:

GUNAWAN “OGUN” ACHMAD (Pendaki gunung senior Indonesia dan anggota tim Everest Indonesia)
Komentar: “Para pendaki gunung mendapat satu lagi referensi buku petunjuk mendaki gunung dengan aman dan nyaman. Sebelum mendaki, membaca dan memahami isi dan saran-saran yang tertuang di dalamnya adalah keputusan yang bijak”.

ARYATI MOWL (Pendaki putri senior Indonesia dan merupakan pendaki wanita pertama di dunia yang mencapai puncak Annapurna IV di Himalaya)
Komentar: “Resiko dapat kita minimalkan dengan belajar dari pengalaman orang lain, membaca, adaptasi lingkungan yang ada, dan berdoa dengan agama yang diyakini”.

DON HASMAN (Pendaki senior dan Photographer alam bebas senior Indonesia)
Komentar: “Bermanfaat bagi mereka yang menggeluti bidang penjelajahan dan petualangan di alam bebas, serta orang tua pelaku (usia muda)”.

 

 

7summitsThe Seven Summits of Indonesia
Edisi Pertama
Print & Publish: 2015
Penerbit: Andi Publisher Jogjakarta

 

The Seven Summits of Indonesia, buku ini mengulas tentang sebuah kosep cara menentukan tujuh puncak tertinggi di tujuh pulau/kepulauan besar di Indonesia. Dengan tujuan untuk membuat sebuah trigger untuk lebih menggairahkan kegiatan pendakian gunung di Indonesia khususnya untuk gunung-gunung di Indonesia. Berbagai pencapaian-pencapaian telah dilakukan oleh para pendaki Indonesia di gunung-gunung luar negeri, namun saat konsep ini saya gulirkan pada tahun 2008, tidak satupun pendaki Indonesia yang sudah berhasil mendaki ke 7 puncak tersebut. Ini sangat disayangkan karena meskipun gunung-gunung Indonesia selain puncak-puncak di Papua umumnya hanya memiliki ketinggian 3.000 an meter dari permukaan laut, namun setiap gunung tersebut memiliki kendahan dan keunikan berbeda. Dengan ada nya konsep ini diharapkan para pendaki Indonesia menjadi lebih semangat untuk mengeksplorasi gunung-gunung di tanah air dan memecahkan rekor-rekor yang ada dalam konsep tujuh puncak tertinggi di tujuh pulau/kepulauan Indonesia ini.

Selain menjelaskan tentang konsep tujuh puncak tertinggi Indonesia, di buku ini juga dibahas lengkap data-data ke tujuh gunung tersebut. Data-data ini akan sangat membantu para pendaki yang berkeinginan untuk mendaki ke tujuh gunung tersebut. Mulai dari data jalur pendakian, transportasi hingga ke objek-objek wisata alam yang terdapat di sekitar gunung tersebut. Untuk lebih memudahkan lagi buku ini dilengkapi dengan keeping CD yang berisikan waypoint-waypoint GPS untuk setiap jalur pendakian di setiap gunung. Juga dilengkpai dengan foto-foto berwarna yang merekam keindahan di ke tujuh gunung itu.

Di buku ini juga ada kata sambutan dari Patrick Allan Morrow aka Pat Morrow, pendaki asal Canada yang merupakan pendaki pertama yang menuntaskan 7 summits dunia dengan versi Carstenzs, juga ada sambutan dari Dody Johan Jaya yang merupakan pendaki pertama yang berhasil menuntaskan konsep tujuh puncak tertinggi di tujuh pulau/kepulauan besar Indonesia ini.
Untuk mendapatkan buku ini bisa klik di sini

 

Melangkah di Awan
Edisi Pertama
Print & Publish: 2017
Penerbit: Nulis Buku

Melangkah di Awan, adalah sebuah kumpulan cerita pendek tentang pendakian gunung yang saya lakukan bersama teman-teman se hobby mulai dari rentang tahun 2003 hingga 2009. Cerita perjalanan ini saya kemas dalam bentuk sebuah cerita pendek. Memang tidak semua perjalanan yang sempat saya abadikan dalam sebuah cerita, namun yang ada di buku ini cukup menarik untuk diikuti. Perjalanan bersama sahabat-sahabat mengarungi lembah demi lembah dan mendaki puncak demi puncak dalam hawa kehangatan sebuah persahabatan.

Beberapa judul ceritanya sbb:

Menggapai Puncak Matherhorn-nya Jepang
Menggunjungi Gunung Para Raja dan Putri
Bersauna Debu di Slamet
Senandung Cemara Rinjani
November Rain di Gunung Gede

Dan masih ada beberapa judul cerita pendek lainnya, memang berbeda dengan buku saya yang terdahulu yang lebih ke jenis tutorial dan informasi. Buku ini lebih kepada cerita, dan semoga bisa diterima oleh khalayak penggemar buku-buku seri petualangan Indonesia. Untuk mendapatkan buku ini bisa klik disini

One comment

Comments are closed.