Mengenal indikator kualitas produk Down

Down Fill Power

Pasti saat anda ditawarkan sebuah jaket down atau saat anda ingin membelinya akan mendengar atau membaca “Fill Power”, entah dari penjual yang menjualnya atau bisa juga saat memakai jaket down baru anda teman-teman anda yang sangat melek mengenai apparel pendakian gunung mungkin akan bertanya “berapa Fill Power jaket lu?” Bagi yang sudah tahu apa itu fill power pastinya akan menjawab dengan cepat tapi bagi yang tidak tahu mungkin akan bertanya, “apaan tuh fill power?” Tapi banyak juga yang salah mengartikan Fill Power ini. OK yuk coba kita bahas.

Jaket down dengan Fill Power yang berbeda

Apa informasi yang terkandung di Fill Power?

Fill power adalah informasi angka yang menunjukkan kualitas relatif dari pada bahan down. Angka ini berasal dari hasil tes laboratorium yang mengukur seberapa inci kubik dari satu ons Loft (mekar) yang dihasilkan oleh bahan down atau bisa dikatakan juga Fill Power adalah sebuah ukuran kemampuan megar/mekar dari produk down. Semakin tinggi angka fill power menunjukan semakin tinggi daya megar dan daya isolasi yang lebih besar. Penting untuk dicatat bahwa down fill power bukanlah informasi mengenai seberapa hangat down jacket atau down sleeping bag anda, karena ada sangat banyak faktor yang mempengaruhi kehangatan, termasuk seberapa banyak down yang terisi di jaket atau sleeping bag tersebut. Reputasi Down sebagai bahan isolasi utama untuk kegiatan outdoor berasal dari kemampuannya untuk di kompres dan dikemas menjadi kecil, kemudian bisa dimegarkan kembali seperti semula. Kunci kehangatan down adalah pembentukan ruang udara kecil di dalam “bulu-bulu” down. Down yang berkualitas lebih tinggi mampu menciptakan daya megar yang lebih tinggi setelah dikompres, hal ini memberikan lebih banyak ruang udara yang memerangkap panas di antara down fill.

Bagaimana cara pengetesan Down Fill Power

Pengetesan biasanya dilakukan dengan mengisi silinder besar dengan satu ons down, kemudian sebuah piringan ringan seperti disk ditempatkan di atasnya, kemudian piringan tersebut mulai perlahan-lahan tenggelam dan menekan ke bawah. Setelah tepat satu menit, posisi piringan tersebut dicatat dan volume down yang terkompresi pada titik tersebut dihitung. Hasil dari 450 inci kubik down setara dengan 450 fill power down. Semakin elastis down nya akan sedikit terkompresnya dan kemegarannya lebih tinggi. Ini juga menghasilkan hasil tes yang lebih tinggi, fill power 900 adalah yang terbagus yang didapat dari down, bahkan dewasa ini juga ada jaket down dengan fill power 1000.

Kwantitas down dalam sebuah fill power

Fill power down yang premium akan membuat harganya menjadi premium juga, ini digunakan untuk membuat jaket menjadi sangat ringan dan packingannya kecil. Jadi jika anda hendak mengurangi bobot dan menghemat ruang ransel anda atau anda ingin jaket winter yang super ramping, jaket dengan fill power 900 pantas anda pertimbangkan. Tapi jika bobot dan besar packingan bukan hal yang penting untuk anda, pilihlah jaket yang tebal dan jangan cemas meskipun hanya memiliki 500 fill power.

Down jaket dengan fill power 900 dan hanya memiliki 30g isian down tidak akan lebih hangat dari pada jaket dengan fill power 450 dengan 100g isian down. Secara teori, 50g dari 900 fill power down akan menjadi sama hangatnya dengan 100g dari 450 fill power down. Contoh lain sebuah jaket down dengan 300g isian down dan 500 fill power akan lebih hangat dari pada jaket yang hanya 120g isian down dan 800 fill power, namun tentu saja jaket yang 300g 500 fill power akan lebih berat bobotnya dan tidak bisa di kompres maksimal karena memiliki sedikit ruang udara untuk di kompres.

Jaket down dengan fill power 1000

Penting untuk dicatat bahwa pengukuran Fill Power ini dilakukan secara berbeda di Amerika Serikat dan di Eropa hal ini terkait pada jenis silinder yang digunakan. Di Amerika Serikat, silinder yang digunakan memiliki diameter 241 milimeter dan berat sekitar 68,3 gram. Di Eropa, silinder yang digunakan lebih besar yaitu dengan ukuran 289 milimeter dan beratnya lebih dari 94,25 gram. Jadi kemungkinan akan ada perbedaan fill power pada produk jaket down Amerika dan Eropah.

Apakah itu Fill Weight?

Fill Power adalah mengenai pengukuran volume, sedangkan Fill Weight adalah mengenai pengukuran beratnya. Fill Power adalah tingkat kwalitas dan Fill Weight adalah merupakan sinyal kuantitasnya. Jika sebuah jaket memiliki berat down-nya 12 ons, ini berarti bahan down yang digunakan untuk membuat jaket ini adalah 12 ons. Sementara banyak merek-merek pakaian outdoor dengan bangga menarik perhatian pembeli dengan mencantumkan Fill Power yang tinggi, tapi mereka sering gagal menyebutkan Fill Weightnya. Hal ini sangat penting, karena Down Weight juga memainkan peran yang sama dalam menentukan kehangatan produk down tersebut dan tidak boleh diabaikan oleh konsumen.

Sebuah produk down dengan Fill Power 800

Apakah yang dimaksud dengan rasio Down to Feather?

Rasio Down to Feather di hitung berdasarkan jumlah persentase down dan jumlah persentase feather dalam sebuah produk. Biasanya jumlah persentasenya: 70/30, 80/20, atau 90/10. Jumlah angka yang pertama mewakili persentase dari Down dan jumlah yang kedua merupakan persentase dari Feather. Secara umum semakin besar angka pertama artinya semakin tinggi kwalitas produknya dan juga akan semakin mahal harganya. Ini disebabkan karena Down lebih mahal dari pada Feather. Jaket dengan 600 Down Fill Power dan 80/20 rasio Down to Feather-nya akan lebih hangat dari pada jaket yang 600 Fill Powernya tapi hanya 70/30 rasio nya.

Down lebih halus dari pada Feather

Jadi jika di ibaratkan sebuah mesin, Fill Power dan Down Weight adalah seperti tenaga kuda dan torsi untuk isolasi pada produk down. Angka tidak bohong, semakin tinggi fill power maka semakin tinggi kualitas down nya dan akan lebih mudah di kompres. Fill Power yang tinggi di gabungkan dengan Fill Weight adalah merupakan resep untuk sebuah kehangatan yang maksimal.

Dengan demikian jika ada anggapan Fill Power down itu merupakan sebuah nilai tingkat kehangatan produk down adalah tidak benar, Karena merujuk pada penjelasan diatas Fill Power adalah tingkat kualitas sebuah produk down.

*) Disadur dari berbagai bahan di internet.