8 alasan Trekking Poles berguna bagi pendaki/hiker

Trekking-poles-spring-hike3-H

Trekking poles adalah salah satu dari berbagai peralatan yang beberapa pendaki gunung dan hiker tidak begitu menyadari merupakan peralatan yang dibutuhkan mereka, sampai setelah mereka mencoba mulai menggunakannya. Setelah merasakan manfaat yang diberikan, terutama sekali pada jalur pendakian atau hiking yang panjang, alat ini akan sangat terasa membantu. Berikut 8 alasan mengapa Anda harus memiliki sepasang trekking poles di jejeran list peralatan anda.

1- Memberikan keseimbangan tambahan di jalur pendakian

Kita semua mengetahui betapa sulitnya untuk dapat menjaga keseimbangan pada jalur pendakian yang licin, atau medan yang tidak rata. Satu set trekking poles bisa sangat berguna dalam kondisi tersebut, karena rasanya hampir seperti memiliki satu set ekstra kaki yang melekat pada tubuh Anda. Apakah Anda sedang menyeberangi sungai, melangkah di jalan berlumpur, atau bergerak di permukaan yang sulit, Anda pasti akan memiliki lebih stabilitas dan kepercayaan diri dengan sepasang trekking poles di tangan Anda.

2. Sebagai penopang saat tanjakan dan turunan

Salah satu manfaat terbesar pendaki/hiker akan mengetahuinya ketika mereka pertama kali mulai menggunakan trekking poles di medan mendaki yang menanjakan dan menuruni turunan. Alat ini benar-benar membantu Anda untuk naik tanjakan curam dengan jauh lebih mudah, dan memberikan stabilitas, kekuatan, dan topangan ketika Anda sangat membutuhkannya. Dan ketika akan menuruni turunan, trekking poles ini dapat membantu Anda untuk menyeimbangkan diri ketika mulai meluncur turun, sangat berpotensi mencegah bencana. Juga sangat berguna dalam hal untuk membantu menemukan pijakan yang tepat dan aman untuk turun ke injakan yang lebih rendah.

3. Meningkatkan kecepatan

Trekking poles pasti dapat membantu pendaki/hiker untuk bergerak lebih cepat, bahkan di medan yang cukup berat. Juga memberikan peningkatan stabilitas, tetapi trekking poles juga membuat Anda untuk lebih menggunakan kedua lengan Anda. Gerakan lengan Anda akan membantu mendorong Anda maju di di jalur yang datar, dan ketika mendaki sebuah bukit, ini diterjemahkan menjadi peningkatan keseluruhan dalam kecepatan. Mungkinagak pelan, terutama pada awalnya, tetapi Anda akan menemukan diri Anda akan lebih cepat dari waktu ke waktu.

4. Mengurangi impak pada kaki

Pendaki/hiker yang menggunakan trekking poles akan merasakan kakinya tidak terlalu lelah di akhir perjalanan. Itu karenatrekking poles membantu untuk lebih mengurangi impak darijalan setapak yang sulit pada tungkai, lutut dan telapak kaki anda. Hal ini bahkan lebih jelas jika poles tersebutjuga memiliki sistem suspensi internal, yang berfungsi sebagai peredam kejut, ini menurunkan dampak lebih jauh. Selain itu, jika Anda menggunakan trekking , kaki Anda akan cenderung merasa jauh lebih nayman, bahkan setelah mendaki jalur pendakian yang lumayan menantang.

5. Membakar lebih banyak kalori

Banyak orang ingin mendaki karena membantu untuk menjaga mereka untuk tetap bugar, atau untuk menurunkan berat badan. Trekking poles dapat membantu dalampencapaian hal itu dengan membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Seperti disebutkan di atas, dengan menggunakan trekking poles akan memaksa Anda untuk juga menggunakan lengan Anda saat mendaki/hiking, bahkan di medan yang lebih datar, dan mudah sekalipun. Hal ini pada gilirannya memiliki efek samping membakar lebih banyak kalori dibandingkan jika Anda lakukan tanpa menggunakan trekking poles dengan rute yang sama persis sama.

6. Mengurangi bobot yang dibawa

Manfaat lain yang didapat dari menggunakan trekking poles adalah alat ini membantu untuk mentransfer beberapa dari bobot berat yang Anda bawa, yang pada gilirannya mengurangi kelelahan, dan sekali lagi meningkatkan kecepatan. Sering kali, pendaki/hiker membawaransel berat saat mereka mendaki, tapi trekking poles dapat membantu membawamenurunkan bobot berat ransel yang dibawa secara substansial. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa di permukaan tanah, trekking poles akan mengurangi jumlah berat yang dibawa oleh lebih dari 4 kg untuk setiap langkah. Angka itu meningkat menjadi 7 kg ketika bergerak menanjak. Itu adalah penghematan yang signifikan, terutama ketika berjalan selama hari yang panjang di jalur pendakian.

Trekking-poles-spring-hike4-V7. Mengatur Pace

Setelah pedaki/hiker mulai menggunakan trekking poles, mereka umumnya akan merasa bahwa mereka secara alami bergerak dalam ritme yang stabil saat mereka berjalan. Kecepatan ini ditentukan oleh gerakan tubuh, dan berdampak pada pernapasan juga. Akibatnya, banyak pendaki yang merasakan bahwa mereka dapat mendaki untuk waktu yang cukup lama, pada tingkatan kecepatan yang lebih cepat, daripada biasanya saat mereka tidak menggunakan terkking poles. Stabilitas yang didapatkan juga berarti bahwa mereka mampu menempuh jalanpendakian yang mungkin sebelumnya agak sulit ataumeragukan,karena dengan adanya trekking poles akan memperluas pilihan mereka untuk memilih injakan saat melangkah.

8. Banyak digunakan pada kegiatan non-hiking

Mudah-mudahan semua contoh di atas bisa meyakinkan Anda bahwa menggunakan trekking poles saat mendaki/hiking benar-benar adalah sebuah ide yang bagus. Tapi, ini juga sudah terbukti dapat digunakan dalam sejumlah kapasitas non-hiking juga. Misalnya, alat ini sangat berguna untuk mendorong cabang atau tumbuhan kecil penghalang jalan, seperti jelatang (daun pulus) yang menyansang keluar ke jalanyang Anda ewati. Juga dapat digunakan sebagai penangkis terhadap binatang yang agresif yang tiba-tiba anda temukan di jalur pendakian, berfungsi juga sebagai tiang tenda, dan menggantung pakaian kering, serta banyak hal lainnya. Jika Anda kreatif memikirkan penggunaan lainnya, mungkin bisa mucul dengan segala macam cara-cara kreatif untuk menggunakan trekking poles pada perjalanan berikutnya.

Mengingat fakta bahwa trekking poles tidak terlalu mahal, alat ini bisa didapat dengan harga terendah sekitar Rp.400.000,sepasang, maka sayang sekali bahwa lebih pendaki gunung/hiker tidak menggunakannya. Manfaat yang diperoleh dengan menggunakan alat ini jauh lebih besar daripada kekurangannya. Jika Anda belum menggunakannya, Coba ambil kesempatan untuk menggunakannya. Saya yakin anda akan menyukainya.

One comment

Comments are closed.