Penginapan murah meriah di sekitaran Bandung

Artikel ini saya sadur dari Detik tevel, saya posting ulang di blog saya ini selain sebagai dokumen infomasi sendiri juga untuk berbagi dengan teman-teman yang mungkin luput membacanya di detik travel. Bandung sebagai surga belanja dan wisata kuliner di Jawa barat, pastinya selalu dibanjiri oleh traveler setiap weekday dan weekend. Banyak hotel dan penginapan namun kita kudu pinter-pinter memilih yang sesuai budget dan juga penginapannya cukup menyenangkan. Berikut beberapa penginapan yang murah dan menarik untuk di inapi.

Cottonwood Bed & Breakfast House

Cottonwood Bed & Breakfast House

Inilah salah satu bed & breakfast di Bandung yang sedang banyak diperbincangkan traveler. Cottonwood Bed & Breakfast House adalah penginapan cantik yang homy. Penginapan ini berlokasi di Jalan Mustang B2/1A, Kompleks Kumala Garden, Pasteur.

Tiap kamar di Cottonwood punya konsep berbeda. Ada Chamomile, Rosemary, Apple Tree, Cranberry, Popple Tree, Mulberry Tree, Olive Tree, Oak Tree, dan Walnut Tree. Ada yang double bed, ada pula yang twin bed. Dari kamar bernuansa pastel, sampai kamar penuh aksen kayu yang nyaman.

“Harga per kamar mulai dari Rp 395.000 untuk weekdays. Berlaku untuk semua kamar,” tutur Astri, staf Cottonwood Bed & Breakfast saat dihubungi detikTravel.

Palagan Joglo Boutique Guest House

Palagan Joglo Boutique Guest House

Traveler yang ingin mengunjungi Lembang atau berwisata belanja di Jalan Setiabudi, penginapan ini bisa jadi tempat menginap yang tepat. Palagan Joglo Boutique Guest House terletak di Jl Lembah Bajuri No 5-7, hanya 1 Km dari Jalan Setiabudi.

Penginapan ini punya konsep arsitektur Jawa dengan sentuhan modern. Ada total 12 kamar dengan 2 tipe, Twin dan Single.

“Harga kamarnya Rp 300.000-350.000 untuk weekdays, dan Rp 350.000-400.000 untuk weekend,” tutur Agus, staf Palagan Joglo Boutique Guest House.

Villa 78 Dago

Villa 78 Dago

Mencari penginapan cantik nan nyaman di kawasan Dago? Villa 78 Dago bisa jadi pilihan tepat. Dengan konsep minimalis sekaligus natural, ini adalah penginapan tepat untuk menghindar dari hiruk pikuk kota. Terutama jika Anda ingin menikmati suasana santai sambil menghirup udara segar Kota Bandung.

Penginapan ini terletak di Jl Bukit Pakar Timur IV No 78, Dago. Tipe kamar terbagi menjadi Superior, Deluxe, dan Family dengan harga mulai dari sekitar Rp 350.000 per malam. Ada pula taman lengkap dengan rumah joglo ala Jawa, serta ruang tamu yang menghadap Kota Bandung. Sangat cantik saat malam!

Rumah Ebo

Rumah Ebo

Liburan ke Bandung bersama keluarga dan mencari tempat menginap yang nyaman? Rumah Ebo di Jl Imam Bonjol No 27 bisa jadi pilihan. Selain Single Room dan Standard Room, tersedia juga Family Room yang muat untuk 3 orang dewasa.

Penginapan ini juga punya taman luas, sangat cocok untuk bersantai selepas berwisata di Kota Kembang. Harganya, mulai dari Rp 125.000 untuk Single Room!

“Single Room mulai dari Rp 125.000 untuk weekdays. Untuk Standard Room, harganya mulai dari Rp 329.000 untuk weekdays,” tutur Sadiman, staf Rumah Ebo saat dihubungi detikTravel.

Bantal Guling Guest House

Bantal Guling Guest House

Terletak di kawasan Dago, Bantal Guling Guest House punya beberapa kamar yang bisa jadi pilihan traveler. Mulai dari Bunk Bed (dormitori), Double Standard, Family 3, Family 4, sampai Family 6 dan Family 8.

Tiap kamar termasuk dormitori dilengkapi AC, shower air panas, dan televisi. WiFi gratis pun tersedia, front desk siaga 24 jam. Hostel ini berlokasi di Jl Bukit Dago Utara II No 20C.

ChezBon Hostel

ChezBon Hostel

ChezBon Hostel terletak di Jalan Braga No 45, persis di atas Kopitiam Oey. Dormitori milik sang pakar kuliner Bondan Winarno ini cocok untuk traveler yang ingin menyusuri Braga, jalan paling terkenal di Bandung.

“Harganya Rp 120.000 per bed, sudah termasuk sarapan,” tutur Feni, staf Chez Bon Hostel saat dihubungi detikTravel.

Chez Bon (dibaca Se Bong) punya 6 Small Room (2 bed), 1 Medium Room (6 bed), dan 2 Large Room (16 bed). Persis di bawahnya ada coffee shop Kopitiam Oey, ada pula dapur & rooftop dining hall. Dengan membayar Rp 120.000, berlaku untuk semua kamar, traveler akan mendapat sarapan serta WiFi gratis.

Tiap bed dilengkapi lampu baca, outlet listrik, serta loker untuk menyimpan barang berharga. Toilet dan kamar mandi tersedia di luar kamar, kecuali untuk Large Room yang dilengkapi keduanya.

Pinisi Hostel

Pinisi Hostel

Pinisi Hostel yang berkonsep eco-green berlokasi di daerah Jalan Riau, pusat Factory Outlet dan wisata belanja di Kota Bandung. Hostel ini punya 2 jenis ruangan yakni Mix Bunk Bed dan Female Bunk Bed. Tiap bed punya loker individu, colokan listrik, dan lampu baca.

“Harganya Rp 85.000 per bed, berlaku untuk kedua jenis kamar,” tutur Novi, staf Pinisi Hostel.

Mix Bunk Bed terdiri dari 8 kasur untuk traveler pria dan wanita, sementara Female Bunk Bed berisi 4 kasur untuk traveler wanita. Pinisi Hostel berlokasi di Halmahera Building Lantai 4, Jl Halmahera No 2.

ZZZ Express Backpackers Hostel

ZZZ Express Backpackers Hostel

ZZZ Express Backpackers Hostel berlokasi di Paskal Hypersquare D-2, Jl Pasirkaliki 25-27, dekat dengan Stasiun Bandung. Ada 2 tipe dormitori yakni 10 bed dan 32 bed.

“Harganya Rp 100.000 per bed, berlaku untuk semua bed. Ada pula kamar isi 6 orang untuk grup,” tutur Sri, staf ZZZ Express Backpackers Hostel.

Tiap kamar dilengkapi AC, tiap bed juga punya loker pribadi untuk menyimpan barang. Kamar mandinya bersih dan nyaman, juga dilengkapi air panas. Lobi hostel ini luas, nyaman, juga dilengkapi PC Corner untuk browsing internet.

Traveler juga bisa memasak sendiri di pantry yang dilengkapi microwave, kulkas, toaster, dan pastinya dispenser. Sarapan pun tersedia mulai dari roti bakar sampai telur rebus, beserta teh dan kopi. Anda bisa meramu sendiri sarapan, berbagai selai roti tersedia.

Unique Guest House Bandung

Unique Guest House Bandung

Cari penginapan dekat Stasiun Bandung, ingin berwisata belanja di Pasarbaru dan mengunjungi Alun-alun? Unique Guest House Bandung bisa jadi pilihan. Hostel ini terletak hanya 15 menit jalan kaki dari Stasiun Bandung.

10 Menit jalan kaki dari hostel, Anda sudah tiba di pusat perbelanjaan Pasar Baru. Ada beberapa tipe ruangan yakni Single Room, Double Room, Double Room (AC+Private Bathroom), juga Bunkbed alias dormitori. Harga dormitori isi 2 bed sekitar Rp 140.000, berpendingin udara dan kamar mandi privat.

Tiap kamar dilengkapi kipas angin/AC, WiFi, televisi, dan kamar mandi shower air panas. Hostel ini beralamat di Jl Ence Azis No 34, Bandung.

*) Sumber Detik Travel.