10 essential trail running gears

“Mountain are not fair or unfair, they are just dangerous.” – Reinhold Messner.

 

Membaca judul dari artikel ini anda pasti akan berpikir, “emang ngga bisa pakai perlengkapan lari di jalan untuk di trail running?” jawabnya bisa saja, tapi berdasarkan pengalaman, menggunakan perlengkapan yang memang spesifikasinya ditujukan untuk trail running akan memberikan output yang jauh lebih baik. Perbedaan yang sangat jelas adalah pada sepatu, trail running memiliki persyaratan perlengkapan yang unik. Umumnya terkait pada hal swasembada, seperti membawa makanan dan minuman, elemen-elemen keamanan dan lainnya yang menyangkut kenyamanan selama di trail. Saya mencoba mengumpulkan 10 perlengkapan tambahan yang akan anda perlukan dalam trail running kit anda.

Secara dasar, umumnya perlengkapan trail running terdiri dari:
– Sepatu
– Quick dry apparel
– Light wind/water proof jacket
– Hydration Pack
– Makanan
– Medical Kits

Untuk lebih melengkapi dan untuk lebih siap di lapangan nantinya, mari kita tambahkan 10 essential item yang sebaiknya juga anda miliki.

1- Topi atau visor
Topi sport yang tipis dan memiliki cap/lidah yang bisa melindungi muka anda dari sinar terik matahari akan sangat membantu sekali, pilihlah topi yang memang ditujukan untuk olah raga, biasanya memiliki bahan yang tipis dan berventilasi yang cukup agar sirkulasi uap lengas tubuh yang keluar dari kepala tidak terhalang. Jangan gunakan topi dari bahan katun karena akan lama keringnya jika basah selain itu tidak memiki ventilasi yang baik. Selain topi, visor juga merupakan pilihan yang tepat karena bagian atas kepala tetap terbuka sedangkan cap/lidahnya bisa melindungi muka dari terik matahari

hat

2- Sunglass
Sport sunglass sangat berguna melindungi kornea mata anda terhadap paparan sinar matahari, terlebih jika anda trail running di daerah pegunungan yang memiliki ketinggian diatas 2000m maka mata anda perlu dilindungi dari sinar ultra violet yang menyilaukan. Dengan sebuah sport sunglass hal ini bisa diatasi.

Sunglasses

3- Pluit
Sebuah pluit akan sangat berguna bagi anda terlebih saat anda tersesat suara peluit yang melengking bisa lebih efektif dari pada suara teriakan anda terlebih jika anda berada di pegunungan jarak tempuh gelombang suara dari pluit jauh lebih baik dari pada suara teriakan manusia. Pluit ini akan sangat berguna terutama saat dalam keadaan darurat, sudah menjadi anggapan diantara penggiat alam bahwa sebuah tiupan pluit yang ditiup terus menerus adalah sebuah panggilan minta bantuan atau si peniup pluit dalam keadaan darurat. Dewasa ini bahkan telah dikembangkan sebuah pluit yang khusus ditujukan untuk di gunakan dialam bebas, yaitu Pluit Badai (Storm Whistles) yang bisa digunakan dalam kondisi cuaca apapun. Peluit Badai adalah sebuah pluit keselamatan yang digunakan untuk semua cuaca dan diproduksi dalam dimensi ukuran yang tepat agar mampu menghasilkan energi suara yang paling kuat, bahkan suaranya mampu didengar menembus dinding, menembus kaca dan melewati air. Peluit Badai adalah peluit paling nyaring di dunia dan dapat didengar dari jarak 1/4 mil melalui pepohonan dan lembah serta lebih dari 1/2 mil di atas permukaan air. Jika tidak memiliki pluit badai ini peluit biasa juga cukup membantu.

Whistles2

4- Headlamp
Trail running adalah salah satu kegiatan yang bersentuhan dengan alam bebas, mungkin saja terjadi anda salah ambil belokan saat berada di trail gunung yang berhutan rapat dan tidak jelas trailnya sehingga anda tersasar dan kemalaman di jalan, head lamp akan sangat berguna dalam keadaan seperti ini. Sebuah headlamp kecil dan kompak sebaiknya anda selalu siapkan dalam ransel anda.

22414.54238_e

5- Hypothermia Blanket
Hypothermia blanket adalah sebuah kantung yang terbuat dari lembar aluminum yang bisa muat untuk satu orang, benda ini sering digunakan oleh pendaki gunung atau personel militer sebagai shelter pelindungan darurat jika terjadi cuaca buruk selama di gunung. Sesuai dengan namanya yaitu Hypothermia Blanket, benda ini ditujukan untuk memberikan pertolongan pada penderita hypothermia. Bagi trail runner, benda ini akan sangat bermanfaat jika tiba-tiba berhadapan dengan cuaca buruk atau jika kondisi darurat membuat harus bermalam di alam bebas. Selimut aluminium ini akan sangat berguna. Cara kerja dari selimut ini sama seperti sleeping bag yaitu memantulkan panas tubuh untuk menghangatkan ruang didalam kantung tersebut, namun karena terbuat dari aluminium maka isolasinya jauh lebih rapat dari pada sleeping bag yang terbuat dari bahan tekstil, sehingga Hypothermia Blanket sangat effektif sebagai kantung perlindungan darurat yang kompak. Jika sudah robek Hypothermia Blanket sudah tidak efektif lagi karena sudah kehilangan daya isolasinya.

BCB Blanket

6- Gaiter
Sepatu kemasukan pasir bahkan kerikil saat berlari akan sangat mengganggu bahkan bisa menyebabkan lecet. Untuk menghindari hal tersebut sepasang geiter akan sangat membantu anda. Geiter adalah perlengkapan yang biasa dipakai oleh pendaki gunung, yang di fungsikan sebagai pencegah masuknya salju, pasir atau kerikil kedalam sepatu boots mereka. Geiter untuk trail running lebih rendah dari pada geiter pendaki gunung dan terbuat dari bahan yang elastis agar tidak melorot saat berlari.

Gaiters

7- Poles
Berlari dengan trekking pole tergantung pada medan yang akan Anda lewati. Trekking pole akan sangat membantu saat anda melewati medan terjal serius yang memiliki banyak tanjakan dan turunan, sehingga bisa membantu anda untuk keseimbangan dan tumpuan. Pilihlah poles yang ringan dan mudah handle nya, dewasa ini ada poles yang bisa dilipat sehingga jauh lebih kompak.

folding poles

8- Kaos kaki cadangan
Pada Trail Running, kaos kaki merupakan hal yang personal (iya atau tidak, pendek atau panjang, komresi atau tidak kompresi), tetapi yang pasti akan meningkatkan faktor kenyamanan untuk pencegahan lecet dan melindungi kaki ketika kotoran dan pasir menyelinap ke dalam sepatu. Lama berlari juga terkadang membuat kaos kaki menjadi tidak nyaman lagi dipakai dan terasa keras. Selalu membawa cadangan akan sangat membantu anda.

shocks

9- Neck Geiter
Neck Geiter ini sangat berguna karena bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, selain menjadi penghangat leher, juga bisa digunakan sebagai ikat kepala, penutup wajah, penutup mulut saat melewati trail penuh debu, perlindungan matahari, sebagai spons keringat, topi, pelindung telinga saat cuaca dingin dan banyak lagi. Bahkan ada yang dilengkapi dengan bahan reflective sehingga sangat membantu eksistensi saat berlari malam.

Neck-Gaiter

 

10- GPS Receiver
Tidak ada salahnya anda juga melengkapi diri dengan GPS receiver, dewasa ini sudah banyak perangkat GPS ini yang dikemas praktis dalam sebuah jam tangan, dan pastikan anda bisa menggunakannya dengan maksimal. Bermain di alam bebas kemungkinan untuk tersasar keluar dari jalur trail mungkin saja terjadi dan pada saat itu perangkat navigasi akan sangat anda butuhkan, sebagai pendamping dari GPS receiver ini lengkapi pula diri anda dengan peta yang memiliki koordinat geografi serta jangan lupa untuk mempelajarinya cara penggunaanya.

228490_3917_XL
Sedapat mungkin ada baiknya 10 essential trail running gears ada anda miliki saat anda berlari menapaki trail jauh ke jantung pegunungan yang alami. Apapun bisa terjadi dan dengan 10 perlengkapan tambahan tersebut anda akan lebih siap dibanding tidak memilikinya sama sekali, Trail running menuntut pelakunya untuk bisa mandiri dalam keadaan apapun karena lokasi yang remote dan jauh dari fasilitas adalah alasan utama agar anda lebih mempersiapkan diri.