6 Teknologi Yang Membuat Ultralight Hiking Semakin Bisa Diwujudkan

Metodologi dari konsep ultralight hiking atau ultralight backpacking terikat pada teknologi dan ini tidak bisa dipungkiri. Karena pencarian terhadap peralatan yang ringan hanya bisa dicapai dengan dua cara yaitu membawa sedikit perlengkapan yang mana melibatkan lebih banyak pengetahuan dan pengalaman serta menggunakan peralatan yang multi use serta ringan. Satu-satunya cara mengurangi berat dari peralatan seperti shelter dan ransel adalah menggunakan material modern yang dihasilkan oleh teknologi maju. Mari kita lihat beberapa teknologi yang telah merevolusi ultralight hiking/backpacking dan telah membantu kita lebih menikmati alam bebas.

cuben fiber1Cuben Fiber
Bahan Cuben Fiber mungkin merupakan pendatang baru, namun sudah mendapat tempat istimewa dikalangan pencinta aliran ultralight hiking di luar negeri. Bahan ini pada awalnya dikebangkan untuk bahan layar bagi olahraga berlayar. Cuben Fiber memiliki rasio kekuatan regangnya terhadap beratnya dan waterproof. Komunitas ultraligt di luar negeri sudah menggunakan bahan ini disemua aspek peralatan mereka, mulai dari ransel, staff sack, tarp/fly sheet, dan bahkan hammock. Bahan generasi sebelumnya yang masih umum digunakn saat ini adalah Silnylon. Sebuah tarp Silnylon dengan ukuran 2.5 m x 3 m bisa berbobot 13.9 oz. Sebuah tarp/fly sheet cubben fiber yang sama ukurannya hanya kurang lebih memiliki berat kira-kira 6 oz. Sangat menakjubkan.

 

 

titaniumTitanium
Metal ajaib, ya kata-kata ini tepat untuk Titanium bahan luar biasa dengan beberapa sifat yang unik. Namun ada satu kesalahan persepsi, bahwa Titanium lebih enteng dari aluminium. Bahan ini memang lebih ringan dari pada stainless steel namun kekuatannya memberikan keuntungan lebih. Kekuatannya memungkinkan untuk menggunakan bahan ini lebih sedikit untuk membuat produk sehingga menyebabkan produk tersebut lebih ringan dari pada produk yang sama yang terbuat dari aluminium. Peralatan masak dari Titanium cenderung sangat tipis dan ringan serta lebih lentur dari pada peralatan masak yang terbuat dari aluminium tapi jangan dibengkokan karena akan susah untuk kembali ke bentuk awalnya. Sebuah panci berukuran 900 ml buatan brand Evernew beratnya 7.4 ons, sedangkan panci yang ukuran sama dan terbuat dari Titanium beratnya hanya 5.9 ons. Beberapa panci titanium yang digunakan oleh ultralight hiking beratnya hanya 2 ons, sangat ringan.

 

 

guyotSuper Plastcs
Bahan plastik terus berkembang dan begitu juga penggunaannya. Pada suatu ketika kulit adalah bahan akhir dan hanya kulit untuk membuat sepatu boots. Namun sekarang bahan yang dicari-cari pembeli justru yang sebagian besar terbuat dari plastik. Plastik telah menjadi jauh lebih stabil dan bisa digunakan dalam berbagai bentuknya seperti kekuatannya, kelembutannya dan lebih protektif dari pada versi plastik sebelumnya.

Ambil contoh sepatu hiking misalnya, lapisan dan lidah sepatunya bisa dibuat dari kain tenunan polyester yang longgar yang tahan air dan memungkinkan kelembaban cepat menguap dari dalam sepatu, sehingga bisa menjaga kaki pemakai tetap kering saat basah dan tetap sejuk disaat panas. Untuk kenyamanan dan dukungan mid sole nya bisa dibuat dari bahan Ethylene Vinyl Acetate (EVA), yang memberikan bantalan serta ringan bobotnya. Lapisan busa Polyester disisi lain memberikan kenyamanan ekstra pada sol nya.

Hampir semua bahan pakaian sekarang mengandung bahan semacam plastik atau bahan vinyl. Bahan wool sekarang sudah digantikan oleh bahan berbulu yang berbasis polyester yang disebut dengan fleence. Baju sekarang terbuat dari bahan kain polyester ultra-wicking ultralight. Bahkan dewasa ini berbagai peralatan makan dan minum terbuat dari bahan plastik yang tahan panas dan sangat lentur sehingga bisa di lipat-lipat.

 

waterprooffabric_img2Bahan Durable Water Repellent (DWR)
Bahan Durable Water Reppellent (DWR) sudah ada sejak tahun 1976, saat Goret-tex mengajukan permohonan patent pada bahan yang memiliki porositas yang tinggi dan kuat serta tahan air. Selama bertahun-tahun dan terlebih 10 tahun terakhir, berbagai merek perlengkapan memproduksi pakaian dengan bahan DWR yang sudah di improvisasi, sekarang kita bisa mendapatkan jaket tahan air yang beratnya hanya enam ons dan packing nya hanya sebesar buah apel.

 

 

 

internetInternet
Berbagai forum di internet seperti Facebook, blog, youtube dan lainnya banyak terdapat kelompok-kelompok Ultralight hiking yang berkumpul saling berbagi informasi, pengalaman dan pengetahuan. Berbagi informasi mengenai peralatan yang cocok dan memenuhi standar yang mereka inginkan. Dengan adanya internet informasi dan pengetahuan tentang ultralight hiking cepat tersebar dan dengan sendirinya makin meningkatkan perubahan akan pengetahuan, teknis dan disain peralatan ultralight yang semakin berkembang dan berubah dari waktu ke waktu.

 

 

 

*) dari berbagai sumber