Mengapa Trail Running Bagus Untuk Anda

Belari di jalur trail bukannya trotoar atau jalan aspal memberikan beberapa alasan yang menarik. Melarikan diri ke hutan atau padang rumput memberikan Anda pengalaman alam yang tidak akan anda temukan saat anda berlari di aspal atau trotoar, dan permukaan jalur trail yang lembut terkadang juga memberikan tubuh Anda sebuah terapi istirahat. Manfaat dari trail running menyebar di daerah fisik, mental, emosional, dan spiritual dari kehidupan Anda. Dan tidakkah itu mencakup hampir semuanya? Berikut adalah beberapa hal tentang trail running yang bermanfaat untuk Anda dan beberapa tips tentang cara untuk memulai.

Baik untuk tubuh anda

“Jalur trail akan mengambil alih lebih banyak tekanan dari dampak yang biasanya anda rasakan saat berlari di permukaan keras,” demikian kata Dr Scott Levin, seorang ahli kedokteran olahraga yang berbasis di New York dan juga merupakan seorang ahli bedah ortopedi. “Beberapa tekanan yang biasanya tersalurkan dari trotoar/jalan aspal hingga ke pergelangan kaki, lutut, tulang kering, dan pinggul, akan hilang ketika kaki menyentuh tanah di jalur trail.”

“Terutama sekali dengan nyeri lutut, dan sindrom ITB, shin splints, dan kondisi lain yang diperparah dengan peningkatan impact,” kata Dr Levin, “dampak yang lebih kecil dari trail running akan terasa lebih baik jika dibanding dengan di trotoar/jalan aspal. Trail running akan lebih bermanfaat untuk mencegah bermacam bentuk tendinitis; Namun, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa berlari pada permukaan yang keras tidak akan terlalu memberatkan Achilles tendinitis. ”

Bagus untuk otak anda

Jalur trail memberikan jalan keluar yang tak terbantahkan dari hari-hari yang super sibuk. Menghilang dan menjauh dari lingkungan penuh sesak dan suara bising kendaraan, dan sebagai gantinya suara burung serta gemerisik daun-daun pohon diterpa angin, akan memberikan Anda sebuah pengalaman yang berbeda sama sekali.

“Menghabiskan waktu di alam dapat memberikan seseorang koneksi spiritual,” kata Psikolog Klinis Shoshana Bennett, yang mengkhususkan diri dalam mengobati wanita yang menderita depresi postpartum. “Anda merasa seperti Anda terhubung dengan sesuatu yang lebih besar, dan itu adalah Mother Earth. Ketika seorang mengedarkan pandangan pada pohon-pohon, burung-burung, matahari, akan terasa sangat membumi. ” dan hal tersebut akan berdampak bagus sekali pada otak anda yang mungkin stress selama weekday di kantor anda.

Proses, dengan beberapa perhatian

Jalur trail tidak harus curam, berbatu, atau penuh dengan akar agar bisa disebut “trail” atau agar bisa memberikan anda salah satu manfaat dari pikiran dan tubuh. Cukup temukan permukaan yang tidak beraspal, seperti jalan tanah yang memungkinkan persendian anda akan lebih mudah untuk menikmati alam.

Dr Levin menyarankan untuk berlari di permukaan jalur trail yang datar terlebih dahulu sebelum secara berlahan pindah pada medan rute yang lebih menantang dengan permukaan yang tidak rata atau miring. Begitu Anda mulai bertualang ke jalur trail yang teknis, jangan lupa ambil pelajaran disana.

“Anda harus sedikit lebih waspada pada setiap langkah kaki Anda,” kata Dr Levin. “Ada risiko yang lebih besar yaitu cedera trauma akut, seperti keseleo pada pergelangan kaki.”

Namun, berlari pada permukaan yang tidak rata bisa membuat Anda lebih kuat secara keseluruhan. “Anda akan merekrut lebih banyak serta lebih menstabilkan otot-otot yang kita andalkan untuk proprioception dan keseimbangan, terutama di sekitar pergelangan kaki,” kata Dr Levin.

Dr Levin menyarankan untuk membangun kekuatan di kaki bagian bawah dengan menggunakan balance board untuk mencoba melatih diri menangkal cedera.

Dan ketika anda mulai terjun ke trail running, “Jangan paksakan di awalnya,” katanya. “Biarkan tubuh anda membuat proses kemajuan secara sendiri.”

Tapi jangan biarkan jalur trail mengintimidasi Anda. Karena semua itu hanyalah jalur tanah yang kadang berdebu atau becek.

*) Terjemahan bebas dari runnersworld.com