Mencegah Acute Mountain Sickness

amsSemakin diminatinya perjalanan petualangan, mengakibatkan makin banyak orang bepergian ke daerah berketinggian 3.000 meter atau lebih di atas setiap tahun. Namun, ada risiko yang terkait dengan mendaki ke ketinggian. Acute mountain sickness (AMS) merupakan penyakit yang tidak menyenangkan dan dapat mengurangi kenikmatan berpergian ke daerah ketinggian. Selain itu, jika tidak dikelola dengan tepat dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius dan mengakibatkan kematian. Pemahaman tentang pencegahan dan mengenali AMS penting untuk siapa saja yang bepergian ke dataran tinggi.

Apakah itu Acute Mountain Sickness?

Saat anda mendaki atau melakukan perjalanan ke daerah ketinggian, udara akan semakin tipis, ini karena tekanan udara lebih rendah, dan oksigen yang tersedia untuk per nafas juga kurang. Kurangnya oksigen memicu perubahan dalam tubuh Anda untuk membantu beradaptasi dengan lingkungan barunya. Perubahan normal, dan disebut dengan ‘aklimatisasi’. Ini berarti bahwa tubuh Anda beradaptasi dengan kondisi sekitarnya. Perubahan meliputi bernapas lebih cepat dari biasanya, semakin sesak napas dengan peningkatan aktivitas (tenaga) dan buang air kecil lebih sering. Acute mountain sickness (AMS) mungkin akan dialami ketika tubuh Anda tidak bisa ber-aklimatisasi dengan ketinggian.

Apakah gejala dari Acute Mountain Sickness?

Gejala utama adalah sakit kepala, yang merupakan akibat dari pembengkakan ringan dari otak, yang disebabkan oleh kadar oksigen yang berkurang. Hal ini dapat bervariasi dalam tingkat keparahannya. Jarang, orang dapat mengalami lebih parah pembengkakan yang mengarah ke suatu kondisi yang disebut dengan High Altitude Cerebral Oedema (HACE). Untuk pengdiaknosisan dari Acute Mountain Sickness (AMS) anda perlu merasa pusing ditambah beberapa gejala lain seperti:

  • Napsu makan yang buruk dan / atau mual / muntah
  • Kelelahan / lemah
  • Pening / pusing
  • Susah untuk tidur

Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut di ketinggian dan bertanya-tanya apakah anda memiliki AMS, dengan table skor berikut anda bisa mencari tahu hal tersebut. Bagaimana cara menghitung skor anda? The Lake Louise skor adalah sistem penilaian yang digunakan untuk membuat diagnosis acute mountain sickness (AMS). Ini adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan sendiri untuk memutuskan seberapa parah apa gejala AMS Anda. Skor tersebut adalah sebagai berikut:

tabel-ams1

Jika total skor nya 3 hingga 5 = Mild AMS (AMS ringan), jika total skor 6 atau lebih = Severe AMS (AMS parah) Ingat setiap gejala di ketinggian dikatakan penyakit ketinggian jika sudah terbukti.

Bagaimana cara mencegah berkembangnya AMS?

Cara terbaik untuk mencegah penyakit ketinggian adalah mendaki (ascend) ke ketinggian yang lebih tinggi secara perlahan. Ini memberikan waktu bagi tubuh Anda untuk beradaptasi dengan kondisi (menyesuaikan diri). Orang akan berbeda-beda kemampuan tubuhnya menyesuaikan diri pada tingkatan yang berbeda. Ingatlah untuk selalu minum cukup cairan (tetap terhidrasi dengan baik) dan makan cukup makanan (tetap bergizi baik). Ada juga obat yang dapat digunakan untuk mencegah acute mountain sickness (AMS), yang paling banyak dikenal adalah acetazolamide (Diamox ®). Ini adalah yang paling cocok untuk orang yang telah diketahui memiliki masalah di masa lalu atau yang tak terhindarkan harus naik lebih cepat dari yang direkomendasikan. Penggunaan rutin acetazolamide sebelum pendakian tidak dianjurkan. Strategi yang paling baik untuk menghindari AMS adalah dengan mendaki perlahan dan juga waspada serta menyadari gejala yang berkembang.

8Bagaimana caranya agar bisa mendaki (ascend) dengan aman?

Ada tingkat yang direkomendasikan untuk pendakian ke ketinggian untuk membantu beradaptasi dengan kondisi (aklimatisasi).

  • Jika memungkinkan, menghabiskan setidaknya satu malam disebuah “intermediate” ketinggian dibawah 3000 meter.
  • Diatas 3000 meter, tingkatkan tidur di ketinggian anda dengan mendaki hanya 300 – 500 meter setiap harinya.
  • Diatas 3000 meter, mengambil hari libur untuk setiap 1000 meter dari elevasi yang diperoleh (yaitu menghabiskan malam kedua pada ketinggian yang sama).
  • Jika memungkinkan, tidak terbang atau berkendaraan langsung ke dataran tinggi
  • Jika arus Anda pergi langsung ke dataran tinggi dengan mobil atau pesawat, jangan terlalu memaksakan diri atau bergerak lebih tinggi untuk 24 jam pertama.
  • Selalu mencoba untuk tidur di ketinggian yang lebih rendah. Para mendaki biasanya menggunakan istilah, “Climb high, sleep low”.
  • Jika gejala tidak membaik, tundalah pendakian lebih lanjut
  • JIka gejala makin memburuk, turunlah sesegera mungkin.


Apa yang harus dilakukan jika terkena AMS?

Jika Anda menderita dengan gejala ringan (mild) acute mountain sickness (AMS), langkah pertama yang dilakukan adalah untuk beristirahat di ketinggian yang sama. Biasanya gejala bisa hilang dengan istirahat dan obat penghilang rasa sakit (parasetamol / ibuprofen) dalam waktu 24 jam. Jika gejala tidak hilang atau jika gejala bertambah buruk, maka segera bergerak ke bawah (turun). Uumumnya dengan turun sedikit kebawah dari ketinggian anda berada dan istirahat akan memperbaiki gejala secara signifikan. Hal ini akan masih memungkinkan untuk naik lagi (re-ascend) jika Anda telah pulih dan jadwal Anda memungkinkan untuk melakukannya.

Hal lainnya mengenai obat-obatan untuk mencegah AMS

Acetazolamide (Diamox ®) dapat digunakan untuk pencegahan dan pengobatan acute mountain sickness (AMS). Ada bukti yang baik untuk efektivitasnya, Asetazolamide mempercepat tingkatan Anda untuk beradaptasi dengan kondisi (aklimatisasi) tetapi tidak menutupi gejala AMS. Asetazolamide tidak melindungi terhadap memburuknya AMS dengan terus mendaki ke atas (pendakian). Anda tidak bisa membeli acetazolamide dari ahli kimia; Anda akan memerlukan resep dari dokter. Dosis biasa acetazolamide untuk pencegahan adalah 125 mg dua kali sehari. Ada beberapa bukti bahwa steroiddeksametason, dapat digunakan untuk mencegah AMS. Namun, hal ini tidak direkomendasikan untuk penggunaan rutin dalam perjalanan ke dataran tinggi. Tidak ada bukti yang dapat diandalkan untuk setiap obat lain (termasuk gingko biloba) saat ini. Di beberapa bagian Amerika Selatan wisatawan ke dataran tinggi dapat ditawarkan daun koka. Ini dapat digunakan untuk membuat teh atau daun dapat dikunyah. Ini dikenal untuk bertindak sebagai stimulan ringan tetapi tidak ada bukti mereka membantu mencegah AMS.

*) dari berbagai sumber internet dan buku Mountain Sickness, Prevention, Recognition and Treatment. Karangan Peter H. Hackett, M.D