SURVIVAL KITS

 

“Malang tak dapat ditolak untung tak dapat diraih”, demikian kata pepatah. Ya, tidak ada pendaki gunung yang mau tersasar di hutan, namun hal tersebut bisa saja dialami oleh siapa saja, bahkan pendaki gunung yang berpengalaman sekalipun. Saat berada pada posisi tersebut, memiliki satu set Survival Kit adalah merupakan sebuah keuntungan yang tak terhingga. Saya yakin masing-masing pendaki gunung memiliki satu set perlengkapan ini dan setiap individu pendaki pasti memiliki survival kit yang beragam karena tergantung pada pemahaman serta pengalamannya baik yang didapat selama latihan survival ataupun pengalaman nyata selama jam terbang dia di alam bebas. Berikut yang saya share dibawah adalah perlengkapan survival Kit yang saya miliki dan biasanya pada setiap perjalanan selalu saya tambahkan atau saya kurangkan contoh misalnya mata kail tidak saya masukan kedalam box survival kit saya jika perjalan saya menuju gunung yang tidak memiliki sungai. Dalam survival kit dibawah ini adalah merupakan contoh yang umumnya harus ada dalam survival kit box seorang penggiat alam, dan bukan merupakan harga mati, anda bisa menambahkan sesuai kebutuhan anda, semakin sering anda berkegiatan di alam bebas maka akan semakin kompleks dan lengkap Survival Kit anda.

Pada contoh survival kit yang saya miliki ini berisikan item-item yang mendukung element-element Survival yaitu: air, api, shelter, Jerat dan mencari pertolongan.

survival kits

Keterangan gambar sebagai berikut:
1. Kotak penyimpan survival kit (kedap air)
2. Hypothermia blanket, yang digunakan sebagai perlindungan emergency disaat terdesak dan tidak bisa membuat bivak
3. Gergaji kawat, bisa digunakan sebagai tools yang membantu membangun shelter atau bivak dan juga memotong kayu.
4. Korek api wind dan water proof
5. Wadah water tight untuk menyimpan korek api
6. Kompor kecil emergency berbahan bakar parafin
7. Bahan bakar parafin
8. Kondom yang berguna sebagai wadah mengambil air
9. Kompas kecil dengan thermometer
10. Victorinox card multi tools
11. Flint untuk pengapian ( membuat api sebagai penganti korek api)
12. Pluit badai
13. Heliograph yaitu kaca reflektor yang bisa memantulkan cahaya matahari pada helicopter atau pesawat tim SAR
14. Senter kecil
15. Aneka ukuran peniti yang bisa berguna untuk berbagai hal
16. Aneka Kawat bisa dipakai untuk membuat jerat dan lain-lain
17. Lilin tahan lama

Selain yang diatas ada juga tablet tablet untuk water purification yang digunakan untuk memurnikan air, lupa saya memotretnya. Saya yakin teman-teman juga memiliki perlengkapan seperti ini dan bisa saja lebih lengkap dari pada punya saya ini, semoga sharing kecil ini juga bisa bermanfaat. Kita tidak akan pernah tahu kapan kita akan memerlukan survival kit ini, namun tidak ada salahnya satu set survival kit ada dalam ransel anda saat berkegiatan di alam bebas. Selamat bertualang