Trail Running

trail_running_journey

Trail Running atau jika di Indonesia kan secara bebas Lari di jalan setapak tapi saya lebih suka menyebutnya dengan Lari Lintas Gunung. Trail Running ini bisa memenuhi kebutuhan akan gerak dasar tubuh yaitu berlari melalui alam bebas yang bersih udara dan lebih segar dari pada berlari di kota. Selain itu akan melatih dan mempertajam keakuratan dan keseimbangan anda karena Trail Running anda berlari di jalan setapak di gunung yang tidak rata seperti jogging track atau jalan aspal saat anda marathon di kota. Ada batu-batu, jalan becek undakan tanjakan dan lain-lain.

Jadi apakah yang akan didapat oleh pelari yang biasa lari di jalan kota saat berlari di alam bebas?

Ada dua hal, pertama mengurangi resiko cedera karena permukaan yang embut dan terus bervariasi dari jalur trak gunung mengurangi kemungkinan cedera berlebihan, memperkuat oto inti dan akhirnya membuat lebih nyaman dari pada berlari panjang di jalan aspal. Kedua, berlari terburu-buru seperti di jalan kota tidak akan anda jumpai saat trail running karena anda akan menemukan kejutan-kejutan di alam yang akan meredam sedikit kecepatan anda, serta anda tidak akan menghirup asap kenalpot melainkan kesegaran hutan yang tidak membuat sesak dada.

TRAIL RUNNING GEARS

Perlengkapan anda untuk Trail Running akan sedikit berbeda dengan Road Running, antara lain yaitu:

Pakaian

Pakaian teknis yang sama dengan yang anda pakai untuk Road Running juga bisa dipakai di Trail Running, tapi pilihlah yang jika kotor atau robek tersangkut saat berlari di gunung tidak membuat anda menyesalinya. Jika nada ining lebih spesifik dewasa ini beberapa produsen peralatan gunung ternama sudah memproduksi pakaian yang memang di khususkan untuk Trail Running.

basic-layer

Rain Coats/wind breaker

Tidak ada salahnya juga untuk membawa rain coats atau wind breaker untuk menghangatkan badan saat cuaca gunung berubah huja atau dingin.

jaket

Sepatu.

Sepatu Road Running bisa juga dipakai untuk Trail Runner. Namun seaptu Trail Running akan lebih berfungsi baik karena disesuaikan dengan medan yang akan dihadapi, karena lebih kuat dan solnya lebih mampu memberikan perlindungan serta stabilitas yang lebih dari pada sepatu Road Running.

5025-453_bk422_view1_720x720

Water Container

Ada dua tipe tempat air minum yang menjadi favorit bagi Trail Runner yaitu yang tipe lumbar dengan botol. Yaitu tempat penyimpanan botol air untuk dipinggang dan satu lagi adalah tipe ransel dengan tempat air bladder nya yang dilengkapi selang untuk memudahkan minum sembari berlari. Ransel berikut blader ini ada dalam berbagai ukuran kapasitas, karena ada baiknya juga trail runner membawa jaket hujan atau jaket tipis untuk dipakai saat cuaca gunung berubah dratis.

minum

Simple First aid kits

Jangan melupakan ini karena saat di jalan setapak yang jauh dari manapun kecelakaan bisa saja terjadi, sangat disarankan untuk membawa Hypothermia blanket sebagai persiapan untuk perlindungan darurat jika anda terjebak dlam cuaca buruk dan harus berlindung, emergency Bivy akan lebih baik lagi karena lebih tebal daripada hypothermia blanket namun ukurannya packingnya sangat kecil. Dan akhirnya jangan lupa untuk membawa handuk kecil dan snak untuk anda nikmati saat beristirahat menikmati keindahan alam.

4

 

6 LANGKAH BAGI ANDA YANG BARU DALAM TRAIL RUNNING

1. Temukan Lokasi Trail Running.

Sejauh ini cara terbaik untuk memulai Trail Running adalah bergabung dengan klub atau kelompok pecandu Trail Running dan bersama-sama mereka melakukannya. Mereka pasti akan mengetahui lokasi-lokasi Trail Running yang ada di daerah anda. Jika anda akan mencarinya sendiri maka pastikan untuk membedakan antara jalur non-teknis dan teknis. Non-teknis jalan adalah jalan beraspal, kerikil, atau kotoran yang umumnya mudah untuk bernegosiasi. Jalur teknis adalah jalan sempit, kotor atau berbatu yang menawarkan berbagai tantangan disetiap sudutnya dan kebanyakan orang mengasosiasikan dengan jalan setapak.

2. Pelan-pelan dan berjalan cepat.

Anda bisa berlari lebih pelan 20% saat trail run untuk tingkat tertentu tenaga anda dari pada yang biasanya anda lakukan saat lari di jalan kota. Anda akan menemukan tanjakan, jalanan sempit dan banyak hambatan alam lainnya. Trail Running akan menyenagkan saat anda lupa dengan pace anda dan melakukannya dengan apa yang anda rasa baik buat anda.

Perpendek langkah anda sehingga berat badan anda selalu ada di atas kedua kaki, hal ini akan memungkinkan anda untuk bereaksi dengan cepat dan menjaga kesimbangan anda. Anda akan merasakan atau menemukan bahwa trail running bekerja serta lebih menstabilkan otot dari pada Road Running, sehingga membuat anda bisa lebih fokus menjaganya.

3. Jangan malu untuk berjalan saat ditanjakan terjal.

Trail Running tidak mengharuskan anda untuk berlari terus, tidak ada salahnya saat menghadapi tanjakan atau trail yang agak sulit dengan berjalan saja. Jangan lupa juga untuk terus awasi keadaan trail beberapa meter kedepan anda saat anda berlari, dan saat anda menyadari ada trail yang kondisinya agak sulit segera berikan perhatian yang lebih pada kaki anda untuk melewati rintangan tersebut.

4. Jaga jarak dengan pelari lain didepan.

Anda akan selalu memberikan perhatian lebih pada pijakan kaki anda, dan itu akan membantu anda untuk fokus, dan hal itulah yang menjadi alasan kenapa anda harus menjaga jarak dengan pelari didepan anda karena Trail Runner selalu akan mengganti kecepatannya setiap waktu dan secara tiba-tiba untuk menjaga kesimbangannya jika ini terjadi dan jarak anda cukup maka tidak akan terjadi tabrakan dengan pelari tersebut.

5. Berhati-hati terhadap batu licin dan akar licin

Jika anda berlari melewati poho tumbang, akar atau batu besar, berhati-hati saat melewatinya, karena hamper semuanya licin dari pada yang terlihat. Dan saat menyeberangi sungai akan lebih aman berjalan melalui air dari pada mencoba berjinjit di atas batu-batu basahnya. Ini adalah trail running anda pasti akan berlepotan Lumpur dan basa-basah.

6. Be Safe.

Sebisa mungkin larilah dengan teman, pelajari terlebih dahulu trail yang baru dan akan anda lewati jangan sampai tersesat. Selalu sediakan First aid kits, dan tidak ada salahnya membawa makanan ekstra untuk jaga-jaga jika dibutuhkan. Tidak ada salahnya membawa handphone anda.