Everest Beyond The Limit

Category: Movies
Genre: Action & Adventure

everestbeyondSebuah film yang ditayangkan secara berseri oleh Discovery Channel, film yang mendokumentasikan pendakian kegiatan Ekpedisi pendakian everest ini ada adegan live yang direkam langsung dari camera yang dilekatkan pada helmet climbing sherpa. Fiml ini terdiri dari dua buah episode pendakian. Episode pertama terdiri dari para pendaki yang pernah dan belum pernah mendki everest. Dan pada episode pertama terdapat pendaki yang kedua kakinya buntung karena diamputasi akibat frostbite yang para saat di terjebak badai salju yang hebat di dekat puncak Mt. Cook di Selandia Baru. Pendaki awam lainnya yaitu Tim Mendes seorang biker dari los Angeles yang badannya dipenuhi pin-pin metal yang menyatukan tulangnya di beberapa tempat karena rusak oleh kecelakaan sepeda motor.

Tahap demi tahap persiapan mereka direkam degan jelas di film ini, dan hinga keperjuangan Tim Mendes yang tidak disiplin dengan waktu hingga akhirnya membuat dia dipaksa berbalik turun karena sudah kehabisan waktu da jumlah oksigen yang ada di tabung oksigennya. Dasar biker yang urakan Tim sempeat menolak tapi akhirnya turun juga. Di film ini juga diperlihatkan tim India yang kena Cerebral Edema yang akut, sampe ditarik turun dari ketinggian hingga basecamp. Juga pas turun dari puncak salah seoarng anggota tim pendaki dari kelompok ini yang berasal dari Lebanon pas sewaktu turun dari puncak menemukan sosok tubuh pendaki yang sekarat dan ternatya itu tidak lain adalah David Sharp. Pendaki yang dibiarkan tewas tanpa dibantu dan selama beberapa tahun kemaren mengundang perdebatan dikalangan mountaineer, dan bahkan sang legenda Sir Hillary mengecam pedas para pendaki yang tega membiarkan sesama pendaki tewas begitu saja.

Berkali-kali dijelaskan di film bahwa saat pendaki turun dari puncak adalah merupakan yang paling berbahaya dibandingkan saat mereka mendaki ke puncak. Dan ini benar sekali, factor kelelahan dan ingin cepat sampai dibawah kadang mengurangi kewaspadaan dan akhirnya ceroboh yangmengakibatkan celakannya pendaki tersebut.

Saya baru kelar nonton yang episode pertamanya, episode kedua nya belum sempat nonton, tapi ngga kalah serunya karena si Biker asal LA kembali lagi ke everest mengdu nasipnya. Thanks banget buat Reza teman saya dari milis highcamp yang udah download film ini dan mengsharenya di milis highcamp.